Matriks Hidup

Dulu, waktu Si Akbar, adek paling bontot masih berusia 4 tahun dia ga mau makan sambal. Dan masnya, Si Gris, yang saat itu usia 9 tahun tetap memaksa adeknya agar mencoba lagi makan sambal.

“Mas, aku masih kecil. Gak mau sama sambal.”
“Dek, suka apa ndak suka sambal itu ga ada hubungannya sama umur. Ngarang.”

Ibu saya yang dengar dialog kedua anaknya ikut nimbrung, “Ada, Mas. Dulu kamu bayi juga ga mau sama sambal.” Begitu beliau membela anak bungsunya yang tengah disuapi makan siang bersambal secara paksa.

Cuplikan kisah diatas mengingatkan saya bahwa setiap hal ada masanya, walau sampai sekarang Si Akbar menjadi satu-satunya di keluarga kami yang ga doyan sambal. Meskipun dulu dia pernah ditanya masnya, kapan mau mulai makan sambal, dia bilang kalau sudah besar.

Lalu, sekarang, saat ditanya kapan mau sukses?

Saat saya tahu orang yang saya anggap sukses, saya pasti cari tahu tentang:
1. Usianya berapa
2. Memulai karir diusia berapa
3. Seusia saya dia ngapain
4. dan, apa yang bisa ditiru dan di-modofokasi

Orang-orang seusia saya yang sudah berbuat banyak itulah yang paling saya cemburui. Di usia yang sama, pencapaian mereka meng-angkasa. Mereka menginspirasi dan meyakinkah saya, bahwa saya bisa lebih dari ini. Harusnya, saya bisa jauh lebih bermanfaat dari sekedar menjadi yang begini-gini saja.

Kata Pak Jamil Azzaini, saat manusia hidup dan rajin beribadah saja, maka dia hanya mencari pahala bagi dirinya sendiri. Padahal, saat dia mati putuslah pahala, karena ibadah tersebut terhenti. Tapi, kalau manusia berbuat baik kepada banyak orang, juga menjadi alasan kesuksesan orang banyak, itulah yang disebut amal jariyah. Nilai kebaikannya akan terus mengalir, sampai kebaikan yang di-tinggalkan itu tak ada sama sekali.

Mulai lagi menata matriks hidup dan berusaha menepatinya…

Iklan

Opo Jaremu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s