Berbohonglah

Jujur memang dianjurkan, karena berbohong itu dosa. Jujur itu berkata apa adanya. Apa-apa yang sebenarnya dianggap fakta, sekalipun kadang tak nyata. Berkata jujur berarti mengatakan segalanya tanpa mengada-ada. Dan memang, beberapa orang tak pandai berbohong. Seperti saya, contohnya.

Sebagian besar orang memang gila pujian. Terlalu banyak pula yang menanyakan beberapa hal dan maunya semua setuju dengannya. Mereka sering menanyakan bagus tidak, suka tidak, ingin tidak, dan iya tidak. Biasanya, penanya lebih suka bertanya menggunakan kalimat negatif, tapi mintanya jawaban positif. Contoh: Kamu mau minjemin aku duit, ga?

Seorang teman baik berpesan pada saya, agar saya mau berbohong dan berhenti berpikir simpel seperti lelaki. Pikirkan perasaan orang, bukan pikiran sendiri yang melulu diucapkan. Bohong tak selalu dosa. Jika bohong demi kebaikan, tidak melanggar kebenaran kolektif, pun tidak melanggar prinsip, besarkanlah hati orang-orang yang meminta hati. Bohong pun menjadi kebaikan.

Kemudian saya mengingat beberapa tontonan dan bacaan, juga pendengaran dari banyak curhatan. Berapa banyak perempuan yang sakit hati tak berkesudahan karena kejujuran kecil kaum lelaki? Berapa jumlah orang mabuk cinta kemudian memutuskan mati segera karena tidak siap menerima kenyataan yang menyakitkan dari pasangan? Dan, berapa orang yang berhenti berkarya karena tak ada apresiasi dari orang-orang sekitarnya?

Darinya, saya pun akan belajar memuji dan membesarkan hati. Biarkan hati saya yang bekerja untuk orang-orang di sekitar saya. Hingga, jika kini dalam dan luar bertentangan, maka nanti setiap tutur membahagiakan teman dapat membantu hati ini yang membatu. Mari berbohong!

Iklan

Opo Jaremu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s