Tiket ke Jerman dan Anjloknya Rupiah

Tentang kabar gembira juga nelangsa. . .

Image

“Termurah dan jadwalnya terdekat 615 USD 6 September, Malaysia Airlines.”

“Bagasi dan lain sebagainya udah include, Mbak?”

“Sudah. Mau diitungin? Bentar. Hmmmm. 6, 4 juta, Mbak. Mau?”

“Mau! Booking sudah, Mbak. Terima kasih.”

Harga 615 USD dengan rute Jakarta – Kuala Lumpur – Frankfurt am Main ditempuh selama 16 jam 5 menit. Booking terjadi pada tanggal 15 Agustus, dan saya harus membayarnya tanggal 20 Agustus, seminggu kemudian. Siang itu 1 USD senilai Rp 10.425 dan si mbak berpesan, “ini ada kemungkinan rupiah naik. Di BCA ini nilai sudah di Rp 10.700, Mbak.”

Datanglah hari yang dinanti, Selasa 20 Agustus. Siang dapat konfirmasi, kurs IDR ke USD Rp 11.050. Sinting!!! Transferlah Rp 6.796.000, berharap cukup itu saja. Tapi, pukul 16 kembali diberitahukan bahwa penutupan rupiah sampai pada angka Rp 11.150, naik 100 point!!!

Lebih dari sedih dan gusar. Hari itu memang kali pertama IDR tembus sebelas ribu per USD. Maka, dengan istigfar atas nasib yang harus saya tanggung tersebab pengelolaan perekonomian negara yang baru merayakan hari proklamasi kemerdekaan ini, tersetorlah angka Rp 6.872.700.

Dan, yang saya syukuri adalah bahwa yang terjadi pada saya merupakan bagian dari sejarah. Kali ini, ya, memang ini yang harus terjadi. Sekarang tidak lagi terlalu penting selisih harga yang harusnya bisa saya gunakan untuk membeli tiket pesawat Juanda – Soekarno-Hatta, karena rezeki itu akan selalu ada dari Tuhan Yang Maha Kaya. Malam ini, setelah membaca kembali berita rupiah yang kian terpuruk, saya berdoa semoga Indonesia diembargo saja. Daripada negara kita, si macan Asia yang kini jadi macan ompong, mati konyol karena manja.

Jadi, ini lho yang namanya ikhlas itu butuh waktu. Otak waras saya selalu memerintahkan untuk tetap bangga pada Indonesia, mau berapa saja nilai tukar rupiahnya. . .

Iklan

Opo Jaremu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s