Nov. . . Ember!

“Und wie gut kannst du noch Deutsch?”

Itu akhir dari pesan WhatsApp dari Katharina yang baru saya baca pagi tadi. Saya yakin, pasti pertanyaan demikian adalah ‘pesanan’ orang serumah yang penasaran bagaimana nasib bahasa Jerman saya pascapulang ke Indonesia. Terakhir chatting dengan Katharina tiga minggu yang lalu, dengan bahasa Jerman saya yang semakin belepotan. Oh, saya kangen mereka semuanya. . .

Akhir bulan November adalah kali pertama kami bertemu, tahun lalu. Sehari setelah pindah rumah ke keluarga mereka, datanglah si salju pertama di musim dingin. Bumi hanya punya satu warna, putih, bersih. Saya norak, ke mana-mana bawa kamera dan selalu memuji desa bak sinema ini tivi. Saya sampaikan pada keluarga angkat saya, saya tidak pernah menyangka dapat melihat live salju di padang seluas ini. Lalu Birgit bilang, “kalau kamu ke sini tahun lalu, saljunya jauh lebih banyak lagi dibanding sekarang.”

Erster Schnee im Winter ini adalah hadiah terindah dari Tuhan, ketika saya akhirnya terbebas dari jerat rasa khawatir dan takut.

Ya, selagi muda di usia kelahiran-biologis-dan-mental, mari belajar dari banyaknya pengalaman gagal dan rasa sakit. Di usia muda kita masih punya tenaga untuk tetap semangat, lalu bangkit. Minimal keluarlah dari rumah, kalau siap uji nyali sekalian keluar negeri. Semakin banyak masalah yang pernah dihadapi, semakin lihai juga menemukan solusi. Kita butuh pola dari gagal dan berhasil untuk menentukan strategi, karena ketepatan berpikir itu perlu, tapi kecepatan memutuskan lebih penting. Kalau hidup terasa selalu baik-baik saja hingga tidak butuh keberanian apapun, lantas, apa asyiknya?

Nah, hadiah dari semesta bisa dipanen nanti. Tapi kalau sudah terima down payment, ya, terima saja. Jejak-jejak ini akan terasa di hari tua, ketika kita sudah merasa cukup bahagia dengan tumpukan kenangan. #tsaaah

Selamat menjelang pagi dari Indonesia, Jerman!

Novida

kalikalikali

Iklan

2 Comments Add yours

  1. uuuuuadem mesti yoo dibanding adem isuk kerono angine nganjuk ra neng apa apane.. 😀
    salam – Wong Nganjuk juga 😀

    1. Novida D Airinda berkata:

      Ga kok. Ga adem. Hahahaha.

Opo Jaremu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s